Sabtu, 27 Februari 2010

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ANIMASI "BERAYUN" DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004

Langkah pertama yang kita lakukan untuk membuat animasi ayunan ini adalah membuat Background nya terlebih dahulu pembuatan background terbagi menjadi 2 bagian

A. Membuat Background bagian 1.
Pertama pada panel Timeline kita buat 5 layer dengan nama Sound, Tiang, Tali, Bocah, dan Background. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih Frame 1 layer Background.
2. Aktifkan Rectangle Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: None dan Fill Color: Coklat (#660033).
3. Buat kotak dengan W : 352 dan H: 92 pada area stage.
4. Pastikan objek kotak masih terseleksi lalu tekan tombol F8 pada keyboard.
5. Maka akan tampil panel Convert to Symbol kemudian ubah namanya menjadi Background, Behaviour: Graphic, registration point: Tengah, klik OK.
6. Lakukan klik ganda pada gambar.
7. Maka pada panel Timeline akan tampil jendela baru yaitu graphic Background.
8. Klik tanda mata pada layer 1.
9. Klik Insert Layer untuk membuat layer 2 lalu drag layer tersebut ke bawah layer 1.
10. Masih pada layer 2, aktifkan Oval Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: None dan Fill Color: Putih.
11. Buat gambar awan, caranya klik dan drag beberapa kali pada area stage.
12. Masih pada layer yang sama aktifkan Brush Tool lalu pada Properties atur Fill Color: Radial (Hitam/Hijau).
13. Dengan menggunakan Brush Tool lakukan klik dan drag dari atas kebawah untuk membuat gambar rumput, lakukan satu persatu.
14. Sekarang aktifkan Oval Tool lalu atur Stroke Color: None dan Fill Color: Merah/Orange/Kuning.
15. Buat beberapa lingkaran diantara rumput dengan 3 warna tersebut.
16. Selanjutnya klik insert layer 3 untuk membuat layer 3.
17. Drag layer 3 ke urutan paling atas
18. Klik kembali Rectangel Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: Kuning dan Fill Color : Pelangi Linear.
19. Lakukan klik dan drag pada area stage untuk membuat sebuah kotak.
20. Masih di layer 3 aktifkan Oval Tool lalu atur Stroke Color : Hitam dan Fill Color : Merah kemudian buat objek oval.
21. Dengan Selection Tool klik Stroke dan Fill Color pada objek oval lalu tekan tombol delete pada keyboard.
22. Seleksi dan delete juga stroke color yang ada pada objek kotak.
23. Ulangi langkah membuat rumput seperti langkah membuat rumput sebelumnya.
24. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke Scane 1.
25. Tekan F5 pada frame 40 di semua layer.

B. Membuat Background bagian 2.
1. Klik layer lalu beri nama layer tiang.
2. Aktifkan Rectangel Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: Orange dan Fill Color: Orange Tua.
3. Kemudian buat gambar tiang.
4. Selanjtnya buat juga gambar rumput dibawah tiang.

Kemudian kita lanjutkan dengan membuat animasi nya.
A. Membuat Animasi bagian 1.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.
1. Pertama pilih layer lalu ubah nama layer dengan Tali.
2. Aktifkan Line Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: Orange dan Stroke Hight:3
3. Lalu buat garis sehingga membentuk seperti segitiga dengan tiang..
4. Aktifkan Oval Tool pada properties atur stroke color: none dan fill color : orange
5. Buat lingkaran kecil pada gambar tali.
6. Berikan Create Motion Tween pada frame 1 layer tali.
7. Tekan F5 pada frame 40.
8. Pilih frame 1 layer tali lalu aktifkan Free Transform Tool.
9. Pindahkan titik koordinat tengah ke ujung dari gambar tiang.
10. Tekan F6 pada frame 10,20,30 dan 40.
11. Tilih frame 10 lalu dengan Free Transform Tool masih aktif putar gambar tali.
12. Pilih frame 20 kemudian putar kembali gambar tali.
13. Pilih Frame 30 lalu putar gambar tali seperti pada frame 10.
14. Simpan animasi dengan menekan Ctrl+S.

B. Membuat Animasi bagian 2.
Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Pilih layer dengan nama layer Bocah.
2. Pada panel Library drag movie clip dan tempatkan pada area stage.
3. Berikan Create Motion Tween pada frame 1 layer Bocah.
4. Pindahkan titik koordinat ke bawah tepat di ujung gambar tali.
5. Tekan F6 pada Frame 10,20,30 dan 40.
6. Pilih frame 10 lalu atur penempatan movie clip bocah.
7. Sekarang pilih frame 20 lalu atur kembali penempatan movie clip bocah.
8. Pada frame 30 tempatkan movie clip bocah seperti pada frame 10.
9. Klik Add Motion Guide pastikan keberadaannya diatas layer bocah.
10. Aktifkan Line Tool lalu buat garis.
11. Dengan selection Tool lengkungkan garis tersebut.
12. Pilih layer sound.
13. Pada properties pilih Sound: Brass Wind Chimes.Wav, Effect : None, Sync: Event dan pilih repeat.
14. Tekan Ctrl+S untuk menyimpan ulang animasi.
15. Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan animasi.




HASIL ANIMASI "BERAYUN"









Sumber : Sudirman. 10 Animasi Kartun Flash. Palembang: Maxikom. 2009.

2 komentar:

JOYPYRLO mengatakan...

ca...joy dak do software nyo dow... wak ni lo mampraktekan...ado link download software nyo dak? kiriman ciek...

JOYPYRLO mengatakan...

yang ca makksud menggunakan "macro media flash kan?????????

Posting Komentar