Kamis, 25 Februari 2010

TIPS MENYELAMATKAN DATA ”MY DOCUMENT”


Pada kebanyakan para pengguna computer selalu menyimpan data nya pada My Document. Folder ini merupakan folder standar dari komputer yang sering digunakan yang sering digunakan untuk penyimpanan data. Bagi yang sering menggunakan My Document sebagai tempat penyimpanan ada beberapa tips agar data yang dismpan dapat tetap aman dan tidak gampang hilang. Perlu diketahui letak ’folder asli’ my document ini adalah C:\Documents and Settings\Nama User\My Documents. Untuk mengecek dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada folder my document selanjutnya klik properties. Kemudian Perhatikan pada kotak Target Folder Location, disitulah sebenarnya data My Documents itu disimpan. Menyimpan data di lokasi tersebut sebenarnya kurang aman, karena jika tiba-tiba komputer error seperti tidak dapat masuk ke windows, sehingga tidak ada kemungkinan lain untuk dapat membetulkan komputer kecuali dengan memformat ulang windows tersebut. Maka susah akan sulit untuk menyelamatkan data My Documents tersebut karena letaknya ada di C. Dan begitu melakukan format Windows maka secara otomatis seluruh data yang ada di My Documents 'akan terhapus'. Memformat Windows sama saja dengan menghapus 'seluruh data' yang ada di drive. Atau dapat juga dengan cara melakukan partisi C terhadap computer karena akan sangat membantu.
Tapi masih ada kemungkinan data yang disimpan masih bisa diselamatkan seperti mengkopi folder yang ada pada drive C dikopi ke drive D ataupun E melalui DOS atau dapat juga dilakukan dengan mengkopi hardisk.hardisk yang tersebut dipndahkan pada komputer lain. Namun cara-cara diatas cukup membuat pengguna atau user merasa repot. Ada cara atau trik yaitu dengan cara partisi, partisi pada drive D/E. Berikut ada beberapa cara yaitu
• Klik kanan pada Start lalu pilih Explore
• Pada partisi / drive selain C (misalkan di drive / partisi D), buat folder baru dengan    nama Dataku (atau nama lain sesuka anda)
• Klik kanan pada folder My Documents lalu pilih Properties
• Klik tombol Move…. Pada kotak yang muncul, cari folder yang anda buat tadi. Jika sudah, klik OK - OK. Pada kotak yg muncul, klik Yes.
Untuk dapat mengecek kita dapat lihat pada
Isi folder My Documents = Isi folder Dataku (pada drive / partisi D).
Maka jika terjadi kesalahan atau computer error data yang tadinya ada pada My Document dapa terselamatkan.karena itulah partisi dive itu sangat membantu untuk menjaga keselamatan data penting. Sehingga tidak banyak lagi pengguna computer yang mengeluh.

Sumber
www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar