Kamis, 25 Februari 2010

MENGHADAPI REKAN KERJA YANG PERFEKSIONIS

 MENGHADAPI REKAN KERJA YANG PERFEKSIONIS

Menghadapi rekan kerja, teman maupun seorang atasan yang perfeksionis terkadang bisa membuat seseorang frustasi. Tapi ada beberapa trik atau cara yang dapat kita lakukan untuk membuat seseorang yang perfeksionis tersebut menganggap kita juga cukup sempurna dimatanya. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghadapi hal tersebut diantaranya:

1. Menjalin Komunikasi
Dalam menjalin hubungan dengan siapaun komunikasi adalah hal yang penting. Karena tanpa komunikasi tidak akan terjadi interaksi anatara sesama manusia di muka bumi ini. Begitu pula dengan teman, atasan kita harus bisa menjalin komunikasi yang baik. Menurut Michale S. Dobson, penulis buku Working with Difficult People, menyatakan bahwa kunci menghadapi seseorang yang perfeksionis adalah dengan melancarkan komunikasi.

2. Dapat Diandalkan
Bila anda mendapat proyek yang yang sangat sulit, tunjukkan sikap bahwa anda adalah seseorang yang dapat diandalkan tanpa mengeluh atas proyek yang anda dapatkan. Sikap seperti itu sangat penting untuk mempertahankan kredibilitas Anda didepan atasan yang perfeksionis. Bila anda mendapat masalah atau kendala dalam menghadapi proyek tersebut carilah alasan yang masuk akal supaya anda diizinkan untuk mencari bantuan seorang kolega untuk menyelesaikan proyek tersebut.

3. Tunjukkan Perhatian
Seseorang yang perfeksionis terkadang tampil kaku sehingga agak sulit untuk dapat disukai oleh banyak orang. Makanya, mereka juga tidak sering mendapatkan perhatian yang sifatnya personal dari orang lain. Sebagai rekan kerja ataupun bawahan, tujukkan perhatiannya Anda padanya. Misalnya dengan cara mengucapkan selamat atas prestasi nya ataupun dengan menanyakan kabar keluarganya. Sikap seperti itu cukup ampuh untuk melunakkan sikapnya yang kaku.

4. Kenali Lebih Dekat
Menurut Miriam Elliot, penulis buku Perfectionism: What’s Bad About Being Too Good, perfeksionis bukanlah sifat yang dimiliki seseorang sejak lahir. Karakter tersebut pasti terbentuk lantaran sikap orangtua yang tidak pernah puas atau karena pernah mengalami trauma tertentu dimasa lalu. Memiliki empati terhadap apa yang mungkin dialami oleh rekan Anda yang perfeksiionis akan bisa membantu Anda bersikap lebih sabar dalam menghadapinya.

5. Bersikap Tegas
Supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara anda dengan atasan yang perfeksionis bila ada deadline yang mendesak sedangkan atasan anda masih tetap berkutat disatu tempat maka anda dapat mengatakan bahwa anda juga ingin proyek tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga kesalahpahaman tidak akan terjadi.


6. Ambil Jarak
Jika atasan meminta Anda untuk melakukan pekerjaan yang telah anda selesaikan dengan baik disuruh ulang untuk melakukan perbaikan yang sebenarnya tidaklah penting anda tidaklah berkewajiban melaksanakan karena tuntutan pekerjaan sudah diselesaikan dengan baik dan benar.

7. Tidak Menyukai Kejutan
Seseorang yang perfeksionis tidak lah menyukai adanya kejutan karena dia menganggap hal itu hanyalah sia-sia dan buang-buang waktu. Bila anda memprediksi akan terjadi masalah dimasa yang akan datang informasikanlah hal ini kepada atasan sesegera mungkin supaya kejutan yang akan terjadi tidak akan menimbulakan masalah besar yang terjadi antra anda dan atasan anda.

Itulah beberapa trik atau cara untuk menghadapi seseorang yang perfeksionis menganggap kita cukup sempurna dimatanya.

sumber

CHIC Magazine

0 komentar:

Posting Komentar