Minggu, 21 Februari 2010

MENCURI DATA LEWAT EMAIL TIPUAN

Saat sekarang banyak sekali terjadi penipuan dengan berbagai cara salah satunya lewat email. Makannya pada saat sekarang kita harus berhati-hati pada saat membuka surat elektronik(email) dan jangan lalai juga menjaga ponsel cerdas bagi pemiliknya. Pencurian data dapat diawali dari ponsel juga.

Dari penelusuran di internet, ternyata banyak yang mengalami jebakan lewat email. Pada saat membuka email terdapat pesan untuk mengunjungi link(alamat email terusan) yang tersedia sebab akan ada pesan dalam secure mailbox nasabah yang belum terbaca menurut salah seorang korban link yang dimaksud adalah http://dsl-217-155-36-180.zen.co.uk/ yang tidak bermarkas di Indonesia,tetapi d Inggris,sehingga makin mencurigakan. Ternyata email tersebut merupakan pancingan sindikat penjahat dunia maya dengan modus melakukan pishing(pencurian data) dari email milik para korbannya. Ciri-cirinya adalah pada alamat url(link) tidak ada tambahan huruf ’s’ dikata ’http’, guna memastikannya situs itu ’secure’ alias aman. Halaman pesan yang memancing agar meng-klik link tadi juga tidak dilengkapi Secure Socket Layer(SSL) yang dilambangkan dengan gembok kuning pada alamat atau bagian bawah tampilan situs.

Apa yang seharusnya dilakukan bila seorang korban terpancing? Email korban yang tersambung ke link atau url terusan tadi akan diterobos oleh system pencuri data yang meraup daftar alamat email rekanan, kata sandi (password) dan informasi pribadi lainnya. Para penjahat bisa memakai informasi ini untuk membuat aplikasi kartu kredit palsu, mengirimkan email bantuan palsu hingga memata-matai transaksi belanja online dan email banking kita. Hati-hati pula bila hendak menhadi anggota layanan gratis, seperti mailing list di yahoogroups, mengunduh program game gratisan dan sejenisnya. ”Kita tidak tahu seberapa ketat pengelola mailing list itu menjaga keselamatan data kliennya. Selain rentan serangan virus, data pribadi kita bisa dibobol,”kata M. Salahuddien, Wakil Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastucture (ID-SIRTII). Salahuddien mencontohkan adanya perjanjian rahasia antara pemerintah China dan perusahaan penyedia layanan online internasional yang ingin masuk ke pasar Negara itu. Maka data pelanggan Yahoo dan Google dapat dibuka pemerintah China.

Cara pencurian data lainnya bias dilakukan melalui telepon seluler dan computer jinjing mini. Soalnya, banyak pemegang ponsel cerdas dan netbook yang memakai pirantinya untuk menyimpan data pribadi, bisnis dan transaksi keuangan. Hasil Survei lembaga keamanan Credant Technologies mengungkapkan data dalam ponsel milik 4,2 juta warga Inggris dapat dicuri ketika perangkat mereka hilang atau sedang direparasi.

“Hanya 60% pemakai ponsel cerdas yang memakai kata sandi (password) untuk melindungi datanya. Padahal sepertiga dari pengguna ponsel itu mengirim dan menerima email bisnis dan menyimpan data pelanggan atau mitra kerjanya”, demikian kesimpulan Credant Tech. Mereka disarankan memakai kata sandi yang rumit, bukan sekadar tanggal lahir,nama anggota keluarga atau kode lain yang gampang ditebak.

Data yang diincar para penjahat adalah kata sandi, rincian rekening bank, informasi kartu kredit, sampai daftar alamat email dan nomor telepon pelanggan atau rekan bisnis. Data dan kata sandi untuk kepentingan kerja diperusahaan atau kantor instansi tempat pengguna ponsel bekerja juga sangat diminati.

Soalnya data itu juga dapat digunakan untuk menerobos sistem pengaman jaringan internet yang dipakai perusahaan atau instansi tersebut. ” Kerugian akibat pencurian dan pembobolan data selama 2008 menyebabkan kerugian senilai US$ 4,6 miliar. Mereka juga harus menambah biaya US$60 juta untuk memperbaiki kerusakan dalam sistem computernya”. Demikian kesimpulan dari perusahaan keamanan McAfee. Makanya kita harus selalu waspada terhadap segala macam penipuan dan jangan mudah percaya terhadap hal-hal yang dikira akan mendatangkan untung tapi malah membuat kita menderita. Dengan teknologi yang semakin pesat akan banyak mendatangkan keuntungan dan kerugian juga. Makanya kita harus selalu hati-hati dan jangan mudah percaya apalagi hal-hal yang mencurigakan.


sumber
majalah forum

0 komentar:

Posting Komentar