Sabtu, 02 Oktober 2010

Bisnis Perpustakaan Online

Bisnis Perpustakaan Online


Bagi seseorang yang senang membaca atau pergi ke perpustakaan untuk mencari referensi untuk tulisan atau  bagi yang kesulitan mencari literatur sebagai landasan bagi penulisan buku atau karya ilmiah yang tengah di susun dikarenakan terbatasnya koleksi buku di perpustakaan daerah sekitar kita. Sebenarnya dengan adanya akses internet yang demikian mudahnya untuk diperoleh di berbagai tempat saat ini kendala tersebut sedikit banyak dapat teratasi, dimana kita bisa memperoleh informasi dari berbagai web atau blog. Hanya kelemahannya, banyak sekali web atau blog yang diragukan atas kevalidan sumber informasi yang ditampilkannya. Sebab terkadang ada web atau blog yang juga mengutip dari sumber yang tidak jelas. Apalagi pemakai tidak boleh sembarangan mengutip informasi dari blog yang tidak jelas siapa pemiliknya, ini hanya akan menjatuhkan kredibilitas tulisan yang akan dibuat apalagi jika mengutipnya sebagai referensi ilmiah.
Kendala tersebut  dapat teratasi dengan adanya  sebuah perpustakaan online yang dimiliki oleh Google. Sekarang kita tinggal kunjungi saja url-nya yaitu books.google.co.id atau masuk ke url google.co.id dan klik menubooks atau buku pada menu teks di kiri atas halaman Google. Di sana anda akan menemukan ribuan buku yang bisa dicari sesuai kebutuhan anda hanya dengan mengetikkan kata kunci judul atau tema buku yang sedang anda cari pada kotak search atau telusuri buku. Misalnya jika memasukkan kata kunci seperti bisnis internet, kemudian klik telusuri buku, maka buku dengan judul atau isi yang berhubungan dengan bisnis internet tersebut akan bermunculan dan pengguna tinggal mengklik salah satunya yang ingin dilihat isinya.
Buku-buku pada Google Books tersebut ditampilkan oleh Google berupa scan halaman depan (cover) hingga sebagian dari halaman lainnya pada buku tersebut. Tentunya hal ini sudah dilakukan oleh Google atas izin penerbit sehingga tidak melanggar hak cipta. Buku-buku tersebut hanya bisa dibaca secara online saja, tidak bisa dipinjam atau dibawa pulang pengguna dapat melakukan copy paste atau dapat mendownload buku sesuai dengan kebutuhan. Jadi perpustakaan online ini sangat membantu seseorang yang sedang membuat sebuah tulisan ataupun mencari informasi yang diperlukan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.
Jadi jika kita ingin berbisnis perpustakaan online merupakan sesuatu hal yang dapat mendatangkan keuntungan berupa materi dan juga dikarenakan masih kurangnya ketersediaan buku-buku yang diperlukan bagi masyarakat kita. Dan kita juga dapat meningkatkan kualiatas ilmu pengetahuan masyarakat kita. Karena pada zaman sekarang berbisnis tidak hanya dapat dilakukan dengan langsung bertatap muka tetapi juga dapat dilakukan lewat dunia maya atau dengan internet karena teknologi kita sekarang yang semakin berkembang.

Sumber : google.com


Senin, 12 April 2010

BAHASA LINGO

BAHASA LINGO
PENGENALAN DASAR LINGO
Pertama kita harus mngetahui terlebih dahulu apa itu LINGO. Lingo merupakan suatu bahasa pemrograman Director yang digunakan untuk menciptakan interaksi antara pemakai dengan movie yang istilah populernya disebut movie interaktif. Dengan Lingo ini kita bisa mengontrol movie agar memberikan respon dari suatu kondisi dan kejadian tertentu, sebagai contoh lingo dapat membuat tombol navigasi untuk berpindah antar halaman presentasi dengan mudah, menggerakkan objek, mengontrol volume suara dan masih banyak lagi.
Awalnya nama Lingo telah digunakan oleh beberapa bahasa pemrograman yang tidak terkait. versi yang paling umum adalah sebuah bahasa Scripting yang dikembangkan oleh John H. Thompson untuk digunakan dalam Macromedia Direktur . HyperTalk mungkin telah menjadi salah satu inspirasi untuk Lingo
Script lingo sendiri terbagi menjadi 4 tipe yaitu behaviour script, movie script, parent script dan cast member script.
  • Behavior scripts adalah script perilaku yang melekat pada sprite atau dimasukkan ke dalam bingkai. Sprite perilaku sering digunakan untuk memberikan kontrol sifat-sifat dan gerakan sprite. Frame perilaku dapat digunakan untuk membuat jeda atau keterlambatan dalam kerangka tertentu dalam skor. Perilaku memudahkan program dengan cara yang berorientasi objek, karena Anda langsung bisa melihat hubungan antara pemrograman dan item mereka melekat. Mereka juga dapat mengontrol atau berinteraksi dengan sprite lain, sehingga menjadi objek yang benar.
  • Movie scripts adalah skrip film yang tidak terikat pada sprite ataupun mereka dapat yang dipakai sebagai Objek. Mereka yang tersedia di seluruh program (film) dan sangat berguna untuk memegang handler global dan menginisialisasi variabel global pada awal atau akhir film.
  • Parent scripts adalah script induk  yang digunakan untuk "kelahiran" (membuat contoh) Obyek ke dalam Variabel dengan menggunakan "baru" perintah. Objek-objek ini dapat mengontrol sprite dan media lainnya dari jarak jauh, tanpa terikat pada sprite satu, dapat digunakan untuk mengontrol data atau non-item yang ditampilkan, dan berguna untuk rutin rekursi seperti rute. Sebuah script Induk dapat digunakan untuk membuat atau menghancurkan obyek kapan saja, membebaskan mereka dari batas-batas dari skor bahwa Perilaku terbatas.
  • Cast Member Script adalah script yang ditulis secara langsung pada cast member didalam cast window tanpa membuat cast member baru seperti tipe script lainnya. Ketika cast member ditempatkan pada stage dan berubah menjadi sprite, scat itu lah script yang terdapat pada cast member.
Behaviour, movie dan parent script akan tampil sebagai cast member yang ada di dalam cast windows. Behaviour script adalah script yang ditulis untuk mengontrol properties dan gerakan sprite. Tipe script ini memudahkan pemrograman yang berorientasi pada objek atau lebih dikelanl dengan istilah OOP (Object Oriented Programming).
Perilaku dan skrip orang tua mendorong pemrograman berorientasi objek yang baik untuk script. Film yang tidak berorientasi OOP, namun mereka masih dapat digunakan untuk membuat "kotak hitam" penangan, di mana objek lainnya dapat masukan data mentah dan menerima jawaban kembali, tanpa mengetahui cara kerja bagian dalam kotak Menggunakan kekuatan dan kemudahan penggunaan metodologi pemrograman Direktur, dengan keunggulan OOP membuat untuk lingkungan pemrograman yang kuat dan cepat.

SCRIPT DASAR LINGO
  • ·         Go the frame/ go to the frame
Script ini digunakan untuk melakukan looping pada frame yang dilewati playback head. Contoh nya kita menggunakan untuk melakukan looping pada frame gambar, playback headtidak akan berjalan ke frame berikutnya yang berisi movie flash sebelum diberi perintah untuk lanjut.
Contoh :
On exitFrame me
go the frame
end
maksudnya adalah pada saat head sampai pada frame yang diberi script, maka head tidak akan bergerak lagi,atau melihat pada frame tersebut.

  • ·         Go
Go digunakan untuk menujju ke frame yang telah ditentukan. Palayback head akan berpindah ke suatu frame lalu memainkan movie hingga batas frame yang telah ditentukan.
Contoh :
On mouseUp me
go 11
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan pergi ke frame 11.
  • ·         Pause
Pause digunakan untuk menghentikan sejenak playback head atau movie yang sedang dimainkan.

Contoh script :
On mouseUp me
pause
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik,maka head akan berhenti sementara pada frame tempat script.
  • ·         Continue
Continue digunakan untuk melanjutkan kembali pemutaran yang tadi dihentikan sejenak.
Contoh script :
On mouseUp me
continue
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan bergerak kembali ke frame berikutnya.

Penggunaan Frame Label

Frame label akan mempermudah Kita untuk menuju ke frame tertentu yang telah diberi tanda atau nama frame. Jika sebelumnya Kita menggunakan nomor frame misalnya 1,3 atau 8, kali ini dengan frame label Kita harus memasukkan nama frame yang telah diberi script go.
Contoh script :
On mouseUp me
go to frame (“ PENDAHULUAN ”)
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan melompat ke frame dengan label “PENDAHULUAN”.

Script untuk Berpindah Antar Frame Label 
1 .  go next( untuk maju ke frame label berikutnya)
2. go previous(mundur ke frame label sebelumnya)
  •  Script go loop
Script go loop berguna untuk melakukan looping atau memutar ulang movie dari frame awal. Script ini biasanya ditulis pada channel script.
  •  Script Alert
Script Alert berguna untuk membuat komentar berupa teks yang akan ditampilkan dalam kotak dialog. Script ini biasanya ditulis pada sprite langsung atau channel script.
  •  Script Beep ( Untuk mengeluarkan suara beep pada computer)
  • Script puppetso u n d (Script puppetSound berguna untuk memainkan suara atau cast member suara yang ada di Cast window.)
  • Script Quit ( Script untuk mengakhiri dan menutup tampilan movie)

YENI AZIZAH
    50407904
       3IA07



Senin, 08 Maret 2010

USABILITY PRINCIPLE

Prinsip-prinsip Desain UI(User Interface)
Prinsip-prinsip desain UI terdiri dari beberapa kategori diantaranya:

1. Learnability
Merupakan kemampuan pembelajaran. Diantaranya :
a. Seberapa mudah seseorang dapat mempelajari suatu sistem
b. Seberapa seseorang dapat mempelajari sesuatu sampai menjadi mahir.
c. Bagaimana kemampuan seseoang mempertahankan pengetahhuan yang sudah didapatkan setelah jangka waktu tertentu.

Beberapa Prinsip yang Mempengaruhi Learnability
- Prediktabilitas dapat mendukung user untuk dapat menentukan efek dari future action berdasarkan catatan interaksi yangs udaj pernah dillakukan sebelumnya.
Prinsip yang terkait pada prediktabilitas adalah operation visibility.
- Synthesizability dapat membantu user untuk memperkirakan efek dari proses yang dilakukan sebelumnya pada keadaan saat sekarang. Prinsip yang terkait pada synthesizability adalah immediate atau eventual honesty.
- Keakraban(familiarity) merupakan pengalaman atau pengetahuan seseorang dalam domain berbasis komputer.
- Generalisasi dapat membantu user untuk menambah pengetahuan dari interaksi spesifik didalam atau diluar aplikasi.
- Konsistensi adalah Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi /situasi yang sama tapi dalam hal yang berbeda seperti berinteraksi dengan output.

2. Fleksibilitas
Merupakan keluwesan untuk dapat melakukan tugas-tugas.
Dimana yang dilihat seberapa besar kecocokan antara sistem dengan keahlian seorang pemakai sistem dan Fleksibilitas sistem diubah untuk memenuhi jalan kerja yang berbeda atau perbedaan level dari suatu keahlian yang dimilki seseorang.

Prinsip-prinsip yang mempengaruhi Fleksibilitas antara lain.
- Dialog Initiative merupakan kemungkinan dimana user dapat terbebas dari kendala-kendala buatan yang dipaksakan oleh sistem. Disini pengguna dapat memprakarsai tindakan yang lebih fleksibel dan diiginkannya. Prinsip yang terkait adalah sistem.
- Multithreading memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada waktu yang bersamaan.
Multithreading terbagi menjadi 2 jenis yaitu
Concurrent merupakan input yang dilakukan kepada beberapa tugas secara simultan.
Interleaved merupakan banyak nya tugas yang ada tapi memasukkannya harus satu persatu.

- Tugas migrability merupakan kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) agar dapat melakukan tugas tersebut dengan lebuh baik. Contohnya Spell-checking, kontrol keamanan di pabrik. Disini pada bagian rincian operasi pengguna dimungkinkan untuk memilih metode interaksi yang cocok. Pengguna dapat melakukan cara yang berbeda untuk melakukan tindakan, menentukan data dan melakukan konfigurasi. Untuk memnghasilkan sesuai dengan tugas dan keinginan pengguna.
- Customizability merupakan kemampuan yang dimiliki user untuk merubah interface. Disini dilihat bagaimana kemampuan user untuk dapat beradaptasi dengan system.


3. Ketahanan Prinsip(Robustness)
Merupakan tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan atau tujuan yang ingin dicapai.
Prinsip-prinsip yang mempengaruhi Robustness antara lain:
- Observability dimana pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang dimengerti oleh pengguna tersebut. Prinsip yang terkait adalah
Browsability(jelajahi apa yang pengguna cari untuk kelancaran tugasnya)
Reachability(menavigasi melalui negara dibutuhkan kegigihan)

- Recoverability merupakan kemampuan untuk mengambil tindakan korektif terhadap kesalahan yang terjadi. Atau merupakan kemampuan untuk memperbaiki kesalahan yang telah terjadi dengan melakukan backward pemulihan.

- Responsif merupakan bagaimana user mengetahui laju komunikasi melalui sistem. Dimana responsif terhadap waktu sangat lah berpengaruh karena waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk pengguna tindakan (s)
Persepsi pengguna tidak selalu benar. Karena itu konsistensi sangatlah penting.

- Task conformance merupakan tingkatan dimana sistem pelayanan mendukung semua task yang diinginkan oleh user dengan cara yang diketahiu oleh user tersebut. Seperti tugas kelengkapan(dimana sistem dapat melakukan tugas yang dibutuhkan user) dan tugas kecukupan(dimana pengguna dapat melakukan tugas dengan baik melalui sistem).

Yeni Azizah
50407904
3 IA 07

Senin, 01 Maret 2010

BEBERAPA BENTENG BERSEJARAH DI INDONESIA

BEBERAPA BENTENG BERSEJARAH DI INDONESIA


Bangsa yang tidak mengenal dan menghargai sejarahnya sendiri adalah bangsa yang sulit untuk maju. Bagaimana suatu bangsa bisa maju bila bangsa tersebut tidak pernah bangga akan apa yang mereka miliki. Padahal tidaklah sulit untuk dapat mengetahui peninggalan bersejarah yang ada ini, kita dapat mengunjugi tempat-tempat tersebut yang pada setiap daerah umumnya terdapat peninggalan bersejarah contohnya saja adalah benteng.
Baiklah kita akan bahas beberapa benteng yang ada:
1.    Benteng Rotterdam
          Bangunan ini terletak dipinggir pantai sebelah barat kota Makassar ini sudah berdiri sejak tahun 1545. benteng bercorak arsitektur Portugis ini awalnya disebut sebagai Benteng Ujungpandang dan dibangun oleh raja Gowa, Imanrigau Daeng Banto Karaeng Lakiung. Setelah VOC berkuasa benteng ini dinagun kembali dengan nama Fort Rotterdam. Benteng ini juga menjadi salah satu objek wisata yang kota Makassar.
2.    Benteng Portugis
          Siapa yang menyangka di sebuah desa terdapat benteng yang megah, tetapi buktinya didesa Banyumanis yang berdekatan dengan desa Ujung Batu, kec. Keling, kab. Jepara, Jawa Tengah sebuah benteng berdiri tegak yang bernama Benteng Portugis. Kerajaan Mataram membangunnya di tahun 1613-1645 sebagai pusat pertahanan demi menghalau musuh yang datang dari Laut Jawa. Saat ini benteng yang terletak dekat Pulau Mandalika ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Jepara.

3.    Benteng Keraton
          Ini merupakan benteng terluas sedunia. Dulunya benteng sepanjang 2740 meter ini berfungsi sebagai lokasi ibukota kesultanan Buton. Oleh karena itu ia dikenal dengan nama Benteng Keraton.

4.    Benteng Vastenburg
          Benteng ini terletak dekat balaikota Surakarta dan berfungsi sebagai pusat pengawasan kolonial Belandauntuk meengawasi gerak gerik keraton kasunanan. Bangunan yang didirikan Gubernur Jenderal Baron van Imhoff pada tahun 1745 awalnya bernama Grootmoedigheid.

5.    Benteng Fort de Kock
          Benteng ini terletak di kota Bukittinggi, Sumbar. Tempat berdirinya benteng Fort De Kock merupakan salah satu kota pemerintahan terpenting di pulau Sumatera pada zaman pendudukan Belanda. Buktinya dikota ini pun terdapat sebuah menara jam hadiah dari ratu Belanda. Oleh karena itu pada tahun 1825 didirikanlah sebuah benteng bernama Fort De Kock.

6.    Benteng Fort Du Bus
          Benteng ini berdiri tanggal 24 Agustus 1828 dan merupakan benteng pertama pasukan Hindia Belanda di Propinsi Papua. Nama benteng ini diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa saat itu, L.P.J. Burggraaf du Bus de Gisignies.

7.    Benteng Kastela
          Awalnya benteng yang dibangun oleh Antonio di Brito pada tahun 1522 diberi nama Nostra Senora del Rosario dan terletak dipinggir pantai Ternate.


           Itulah beberapa benteng yang terdapat di Indonesia, kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnyalah untuk tahu tentang beberapa peninggalan bersejarah di negara kita Indonesia.


Sumber: Gadis Magazine

Microsoft: Internet Explorer 8 Semakin Aman

Microsoft: Internet Explorer 8 Semakin Aman

Sudah tidak bisa dipungkiri cukup banyak penjahat dunia maya yang berusaha memanfaatkan celah yang ada dalam IE, sebut saja salah satu komponen IE yang selalu menjadi 'santapan' cracker, ActiveX. Dengan memanfaatkan kecanggihan ActiveX, pelaku dapat menyusup ke dalam komputer korbannya tanpa terendus oleh pengguna atau beberapa aplikasi keamanan. Cara ini pun cukup sering digunakan untuk pencurian data.  

Namun kini Microsoft mengklaim, IE8 keluaran terbaru itu lebih aman daripada versi sebelumnya, "Dalam IE8, penggunaan ActiveX sudah dibatasi dan terkait langsung dengan user account sehingga lebih aman. Selain pembatasan ActiveX, IE8 juga dikatakan lebih aman untuk berselancar di internet berkat beberapa fitur seperti, SmartScreen Filter, InPrivate Browsing, Click-jacking prevention, dan lainnya.

Berkat banyaknya fitur baru yang dibenamkan, kini IE8 jauh lebih aman dari versi terdahulu. Namun pastinya, tidak ada satu browser pun yang benar-benar aman jika tidak dibarengi dengan kesadaran dari para penggunanya karena semua itu tergantung dari para pengguna. 

sumber : www.detik.com

Sabtu, 27 Februari 2010

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ANIMASI "BERAYUN" DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004

Langkah pertama yang kita lakukan untuk membuat animasi ayunan ini adalah membuat Background nya terlebih dahulu pembuatan background terbagi menjadi 2 bagian

A. Membuat Background bagian 1.
Pertama pada panel Timeline kita buat 5 layer dengan nama Sound, Tiang, Tali, Bocah, dan Background. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih Frame 1 layer Background.
2. Aktifkan Rectangle Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: None dan Fill Color: Coklat (#660033).
3. Buat kotak dengan W : 352 dan H: 92 pada area stage.
4. Pastikan objek kotak masih terseleksi lalu tekan tombol F8 pada keyboard.
5. Maka akan tampil panel Convert to Symbol kemudian ubah namanya menjadi Background, Behaviour: Graphic, registration point: Tengah, klik OK.
6. Lakukan klik ganda pada gambar.
7. Maka pada panel Timeline akan tampil jendela baru yaitu graphic Background.
8. Klik tanda mata pada layer 1.
9. Klik Insert Layer untuk membuat layer 2 lalu drag layer tersebut ke bawah layer 1.
10. Masih pada layer 2, aktifkan Oval Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: None dan Fill Color: Putih.
11. Buat gambar awan, caranya klik dan drag beberapa kali pada area stage.
12. Masih pada layer yang sama aktifkan Brush Tool lalu pada Properties atur Fill Color: Radial (Hitam/Hijau).
13. Dengan menggunakan Brush Tool lakukan klik dan drag dari atas kebawah untuk membuat gambar rumput, lakukan satu persatu.
14. Sekarang aktifkan Oval Tool lalu atur Stroke Color: None dan Fill Color: Merah/Orange/Kuning.
15. Buat beberapa lingkaran diantara rumput dengan 3 warna tersebut.
16. Selanjutnya klik insert layer 3 untuk membuat layer 3.
17. Drag layer 3 ke urutan paling atas
18. Klik kembali Rectangel Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: Kuning dan Fill Color : Pelangi Linear.
19. Lakukan klik dan drag pada area stage untuk membuat sebuah kotak.
20. Masih di layer 3 aktifkan Oval Tool lalu atur Stroke Color : Hitam dan Fill Color : Merah kemudian buat objek oval.
21. Dengan Selection Tool klik Stroke dan Fill Color pada objek oval lalu tekan tombol delete pada keyboard.
22. Seleksi dan delete juga stroke color yang ada pada objek kotak.
23. Ulangi langkah membuat rumput seperti langkah membuat rumput sebelumnya.
24. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke Scane 1.
25. Tekan F5 pada frame 40 di semua layer.

B. Membuat Background bagian 2.
1. Klik layer lalu beri nama layer tiang.
2. Aktifkan Rectangel Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: Orange dan Fill Color: Orange Tua.
3. Kemudian buat gambar tiang.
4. Selanjtnya buat juga gambar rumput dibawah tiang.

Kemudian kita lanjutkan dengan membuat animasi nya.
A. Membuat Animasi bagian 1.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.
1. Pertama pilih layer lalu ubah nama layer dengan Tali.
2. Aktifkan Line Tool lalu pada Properties atur Stroke Color: Orange dan Stroke Hight:3
3. Lalu buat garis sehingga membentuk seperti segitiga dengan tiang..
4. Aktifkan Oval Tool pada properties atur stroke color: none dan fill color : orange
5. Buat lingkaran kecil pada gambar tali.
6. Berikan Create Motion Tween pada frame 1 layer tali.
7. Tekan F5 pada frame 40.
8. Pilih frame 1 layer tali lalu aktifkan Free Transform Tool.
9. Pindahkan titik koordinat tengah ke ujung dari gambar tiang.
10. Tekan F6 pada frame 10,20,30 dan 40.
11. Tilih frame 10 lalu dengan Free Transform Tool masih aktif putar gambar tali.
12. Pilih frame 20 kemudian putar kembali gambar tali.
13. Pilih Frame 30 lalu putar gambar tali seperti pada frame 10.
14. Simpan animasi dengan menekan Ctrl+S.

B. Membuat Animasi bagian 2.
Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Pilih layer dengan nama layer Bocah.
2. Pada panel Library drag movie clip dan tempatkan pada area stage.
3. Berikan Create Motion Tween pada frame 1 layer Bocah.
4. Pindahkan titik koordinat ke bawah tepat di ujung gambar tali.
5. Tekan F6 pada Frame 10,20,30 dan 40.
6. Pilih frame 10 lalu atur penempatan movie clip bocah.
7. Sekarang pilih frame 20 lalu atur kembali penempatan movie clip bocah.
8. Pada frame 30 tempatkan movie clip bocah seperti pada frame 10.
9. Klik Add Motion Guide pastikan keberadaannya diatas layer bocah.
10. Aktifkan Line Tool lalu buat garis.
11. Dengan selection Tool lengkungkan garis tersebut.
12. Pilih layer sound.
13. Pada properties pilih Sound: Brass Wind Chimes.Wav, Effect : None, Sync: Event dan pilih repeat.
14. Tekan Ctrl+S untuk menyimpan ulang animasi.
15. Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan animasi.




HASIL ANIMASI "BERAYUN"









Sumber : Sudirman. 10 Animasi Kartun Flash. Palembang: Maxikom. 2009.

Kamis, 25 Februari 2010

MENGHADAPI REKAN KERJA YANG PERFEKSIONIS

 MENGHADAPI REKAN KERJA YANG PERFEKSIONIS

Menghadapi rekan kerja, teman maupun seorang atasan yang perfeksionis terkadang bisa membuat seseorang frustasi. Tapi ada beberapa trik atau cara yang dapat kita lakukan untuk membuat seseorang yang perfeksionis tersebut menganggap kita juga cukup sempurna dimatanya. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghadapi hal tersebut diantaranya:

1. Menjalin Komunikasi
Dalam menjalin hubungan dengan siapaun komunikasi adalah hal yang penting. Karena tanpa komunikasi tidak akan terjadi interaksi anatara sesama manusia di muka bumi ini. Begitu pula dengan teman, atasan kita harus bisa menjalin komunikasi yang baik. Menurut Michale S. Dobson, penulis buku Working with Difficult People, menyatakan bahwa kunci menghadapi seseorang yang perfeksionis adalah dengan melancarkan komunikasi.

2. Dapat Diandalkan
Bila anda mendapat proyek yang yang sangat sulit, tunjukkan sikap bahwa anda adalah seseorang yang dapat diandalkan tanpa mengeluh atas proyek yang anda dapatkan. Sikap seperti itu sangat penting untuk mempertahankan kredibilitas Anda didepan atasan yang perfeksionis. Bila anda mendapat masalah atau kendala dalam menghadapi proyek tersebut carilah alasan yang masuk akal supaya anda diizinkan untuk mencari bantuan seorang kolega untuk menyelesaikan proyek tersebut.

3. Tunjukkan Perhatian
Seseorang yang perfeksionis terkadang tampil kaku sehingga agak sulit untuk dapat disukai oleh banyak orang. Makanya, mereka juga tidak sering mendapatkan perhatian yang sifatnya personal dari orang lain. Sebagai rekan kerja ataupun bawahan, tujukkan perhatiannya Anda padanya. Misalnya dengan cara mengucapkan selamat atas prestasi nya ataupun dengan menanyakan kabar keluarganya. Sikap seperti itu cukup ampuh untuk melunakkan sikapnya yang kaku.

4. Kenali Lebih Dekat
Menurut Miriam Elliot, penulis buku Perfectionism: What’s Bad About Being Too Good, perfeksionis bukanlah sifat yang dimiliki seseorang sejak lahir. Karakter tersebut pasti terbentuk lantaran sikap orangtua yang tidak pernah puas atau karena pernah mengalami trauma tertentu dimasa lalu. Memiliki empati terhadap apa yang mungkin dialami oleh rekan Anda yang perfeksiionis akan bisa membantu Anda bersikap lebih sabar dalam menghadapinya.

5. Bersikap Tegas
Supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara anda dengan atasan yang perfeksionis bila ada deadline yang mendesak sedangkan atasan anda masih tetap berkutat disatu tempat maka anda dapat mengatakan bahwa anda juga ingin proyek tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga kesalahpahaman tidak akan terjadi.


6. Ambil Jarak
Jika atasan meminta Anda untuk melakukan pekerjaan yang telah anda selesaikan dengan baik disuruh ulang untuk melakukan perbaikan yang sebenarnya tidaklah penting anda tidaklah berkewajiban melaksanakan karena tuntutan pekerjaan sudah diselesaikan dengan baik dan benar.

7. Tidak Menyukai Kejutan
Seseorang yang perfeksionis tidak lah menyukai adanya kejutan karena dia menganggap hal itu hanyalah sia-sia dan buang-buang waktu. Bila anda memprediksi akan terjadi masalah dimasa yang akan datang informasikanlah hal ini kepada atasan sesegera mungkin supaya kejutan yang akan terjadi tidak akan menimbulakan masalah besar yang terjadi antra anda dan atasan anda.

Itulah beberapa trik atau cara untuk menghadapi seseorang yang perfeksionis menganggap kita cukup sempurna dimatanya.

sumber

CHIC Magazine