Senin, 11 April 2011

Aplikasi Permainan Dorong Kotak Menggunakan J2ME

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat ber-navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. 
Disini akan saya coba jelaskan tentang aplikasi multimedia pada permainan dorong kotak. Dimana Dorong kotak  merupakan sebuah permainan sederhana yang dapat mengasah kemampuan berpikir karena pada permainan dorong kotak ini kita akan memasukkan kotak pada tempat yang disediakan dimana kotak yang akan kita masukkan akan terus bertambah sesuai dengan kenaikan level. 
Dengan perkembangan teknologi pada zaman sekarang mendorong penulis untuk membuat aplikasi permainan dorong kotak pada telepon seluler, permainan ini merupakan permainan yang dapat melatih logika, insting,  kecepatan berpikir, dan juga melatih kesabaran. Selain itu permainan juga merupakan hiburan bagi kebanyakan orang apalagi permainan yang ada pada telepon seluler karena permainan pada telepon seluler dapat dimainkan dimana saja.
Perkembangan aplikasi permainan untuk telepon seluler saat ini sudah semakin berkembang, dilihat dari semakin banyak aplikasi-aplikasi permainan baru yang bermunculan. Permainan yang dulunya hanya bisa dimainkan pada komputer sekarang sudah bisa dimainkan pada telepon seluler dengan munculnya Java 2 Platform Micro Edition (J2METM) yaitu sebuah platform yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi Java, yang memungkinkan permainan berbasis Java pada telepon seluler. dengan adanya J2ME ini, semakin memudahkan penulis untuk membuat sebuah aplikasi permainan untuk telepon seluler yang banyak juga memiliki manfaat positif  yaitu pembuatan aplikasi permainan dorong kotak menggunakan J2ME. 
Tujuan dari tulisan ilmiah ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi permainan dalam hal ini permainan Dorong Kotak menggunakan J2ME yang akan diimplementasikan pada telepon seluler. Yang diharapkan dapat berfungsi tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga dapat juga untuk melatih logika, insting, ketepatan dan ketangkasan.
J2ME merupakan edisi khusus dari Java dan subset dari edisi J2SE. J2ME merupakan pemrograman dengan peralatan-peralatan kecil atau terbatas, seperti PDA, Handphone, Pager dan lain-lain. Perangkat J2ME, seperti semua program Java diterjemahkan oleh VM. Program tersebut di compile kedalam bytecode dan diterjemahkan dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti bahwa program-program tersebut berhubungan langsung dengan perangkat J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.Sebuah profile memberikan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat. profile-profile menyediakan user interface(UI) API, persistence, messaging library, dan sebagainya. Satu set library tambahan atau package tambahan menyediakan kemampuan program tambahan. Pemasukan package ini ke dalam perangkat J2ME dapat berubah-ubah karena tergantung pada kemampuan sebuah perangkat.
Selain itu kita juga membutuhkan J2ME wireless toolkit(WTK) yang merupakan  seperangkat peralatan untuk membangun MIDP atau merupakan perangkat lunak atau tool emulator(mensimulasikan) kerja handphone, sehingga pada waktu membuat program kita tidak perlu mencoba langsung(koneksi) ke handphone. Toolkit ini dapat digunakan standalone, atau dimasukkan ke dalam banyak pembangunan lingkungan terpadu populer (IDE).
Wireless Toolkit mendukung pengembangan aplikasi Java yang berjalan pada perangkat seperti telepon seluler, pager dua arah, dan palmtop.
Berikut adalah contoh tampilan pada permainan Dorong Kotak ini pada Emulator J2ME WTK. dan tampilan
program berhasil dijalankan maka akan muncul emulator kemudian tekan tombol launch untuk memulai aplikasi.
Tampilan pembuka akan muncul dan dilanjutkan dengan menekan command Launch maka akan muncul tampilan


Gambar dibawah ini merupakan tampilan Menu pada permainan

Itulah contoh tampilan pada permainan Dorong Kotak ini. Pada permainan ini masih perlu ditambahkan bunyi atau suara supaya permainan ini akan lebih menarik dan penambahan aplikasi multimedia lainnya supaya permainan ini akan terlihat lebih sempurna.
Semoga penulisan ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih. ^^

0 komentar:

Posting Komentar